Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Buah alpukat adalah salah satu buah yang tak asing lagi disekitar kita. Buah yang berwarna hijau dengan bentuk menyerupai perut ibu hamil ini ternyata menyimpan sejuta khasiat. Tidak hanya untuk ibu hamil saja namun juga untuk mata, wajah dan lain sebagainya.

Buah alpukat sendiri merupakan buah lokal yang sangat mudah ditemui disekitar. Dengan tekstur yang lembut ternyata membuat buah ini menjadi idaman anak-anak hingga dewasa. Apalagi buah yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang tidak sedikit. 
Manfaat buah alpukat dapat dilihat dari segi kesehatan, kecantikan dan segi lainnya. Disamping manfaatnya yang begitu banyak, rasa yang dimiliki buah ini juga tergolong sangat nikmat untuk orang dewasa dan juga untuk anak-anak.

Inilah beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh :

Menjaga Kesehatan Mata

Buah alpukat memiliki kandungan lutein yang terbanyak jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan lain. Manfaat buah alpukat dengan kandungan lutein yang dimilikinya adalah menjaga kesehatan pada daya penglihatan. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi juga memperkecil risiko kelainan yang sering terjadi pada mata khususnya pada degenerasi katarak dan makula.


Menghambat Pertumbuhan Terhadap Sel Kanker

Buah alpukat memiliki beberapa senyawa yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencari sel kanker baru timbul yang kemudian menghancurkannya begitu menemukannya. Uniknya lagi tidak ada dampak yang buruk pada sel-sel kesehatan yang aktif lainnya.


Menurunkan Kolesterol

Khasiat buah alpukat selanjutnya adalah menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol jahat dapat mengakibatkan timbulnya ragam penyakit berbahaya. Dengan menurunkan kadar kolesterol jahat setidaknya penyakit juga dapat dicegah.


Mengurangi Keriput

Kandungan asam amino dan antioksidan yang dikandung didalam buah alpukat bisa membantu membuang racun penyebab penuaan dini serta kerutan yang terjadi pada kulit.


Membersihkan dan Melembabkan Kulit

Manfaat buah alpukat untuk membersihkan serta melembabkan kulit berasal dari kekayaan buah ini dari oleh vitamin A yang membantu untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati pada tubuh manusia. Oleh sebab itu, buah alpukat ini sering dijadikan sebagai bahan sabun dan kosmetik terkenal. Minyak yang diserap oleh kulit mampu memberikan nutrisi yang kemudian akan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru serta meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.


Menyembuhkan Sariawan

Cara mengambil khasiat buah alpukat untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan mengambil buah alpukat yang telah matang kemudian mengambil dagingnya. Setelah itu campur dengan 2 sdm madu murni lalu aduk merata dan siap untuk dikonsumsi. Lakukan hal ini hingga sariawan berangsur sembuh.


Mencegah Kekeringan Pada Kulit Wajah

Manfaat buah alpukat untuk mencegah kekeringan pada permukaan kulit wajah adalah dengan menghaluskan buah alpukat kemudian dipakai sebagai masker pada permukaan wajah. Diamkan sekitar 2 jam lalu bilas menggunakan air dingin, baca juga manfaat daun singkong.


Menyembuhkan Bengkak Oleh Peradangan

Buah sirsak memiliki khasiat untuk menyembuhkan bengkak yang disebabkan oleh peradangan, caranya relatif mudah. Ambil biji buah alpukat lalu keringkan dan tumbuk sampai halus. Setelah itu ambil biji alpukat secukupnya lalu tambahkan sedikit air hingga adonannya membentuk bubur. Setelah benar-benar lembut, balurkan adonan tadi pada bagian tubuh yang bengkak.


Mengobati Kencing Manis

Cara mengobati kencing manis dengan menggunakan alpukat adalah dengan memanggang biji alpukat dengan api kemudian potong kecil-kecil. Setelah itu, rebus menggunakan air bersih hingga airnya berwarna kecokelatan. Saring dan dinginkan kemudian minum secara teratur.


Membuat Rambut Berkilau

Ternyata buah alpukat juga dapat membuat rambut menjadi semakin berkilau. Caranya adalah dengan menghaluskan alpukat yang telah matang lalu campurkan dengan minyak jojoba 1 sdt, minyak rosemary 1,5 sdt, telur 1 butir dan youghurt. Setelah itu maskerkan pada rambut selama sekitar 20-30 menit lalu bilas bersih dengan shampoo.

Beberapa manfaat buah alpukat yang telah dijelaskan tadi sekaligus menjadi sebuah rekomendasi bagi anda untuk mengkonsumsi buah ini. Selain memiliki banyak manfaat buah ini juga memiliki andil yang baik dalam pertumbuhan anak-anak.


download[4]

0 komentar: