Manfaat Buah Jamblang bagi Kesehatan Tubuh

Buah Jamblang atau yang menurut orang Cirebon biasa di sebut buah duwet merupakan salah satu buah yang sudah sangat langkah keberadaanya. Buah ini sering kali di sebut dalam bahasa ilmiah sebagai Eugenia cumini yang termasuk tumbuhan Euphorbiaceae. Buah Jamblang atau Buah Duwet memiliki rasa asam, manis dan ada sedikit sepet terasa dilidah dengan tekstur ciri yang kecil sedikit lonjong dan memiliki warna yang sangat menonjol sehingga buah ini tergolong buah yang kaya akan sumber vitamin c dan kaya akan kandungan zat anti oksidan.

Kandungan dari zat anti oksidan dan vitamin pada buah jamblang atau duwet di percaya sangat baik bagi kesehatan, oleh karena itu buah ini sering di manfaatkan dan di konsumsi. Buah jamblang umumnya di konsumsi pada saat matang biasanya saat matang buah ini akan memiliki warna yang sedikit ke unguan atau kehitaman-hitaman. Jadi dari pada penasaran apa saja manfaat dari buah jamblang ini mari kita simak ulasan berikut ini.

Melindungi Kesehatan Jantung
Dalam 100 gram buah jambalng terkandung 23 mg sodium dan 57 mg kalium seperti yang kita ketahui bahwa kandungan sodium dan kalium sering kali kita temukan pada buah pisang, sedangkan manfaat kedua kadungan tersebut adalah sebagai pengatur tegangan otot pada jantung, menstabilkan detak jantung sehinga dapat meminimalisir terjadinya penyakit jantung seperti korner atau penyempitan pembuluh ateri pada jantung.

Menghindar Diabetes
Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang belum di ketahui obatnya namun penetralisir secara buatan mungkin dapat dilakukan seperti dengan obat-obatan. Obat memang dapat menurunkan kadar insulin secara kimia namun perlu di ketahui pemakaian secara bengangsur-angsur tentu saja juga akan membahayakan bagi kesehatan tubuh kita benar bukan. Nah…, maka dari itu bagi penderita diabetes mungkin anda bisa meminimalisir dengan menghidari makanan yang berkarbohidrat tinggi dan gula. Menurut penelitian yang di lakukan warga India dan Inggris menggunakan buah jamblang di percaya dapat menurunkan kadar insulin pada tubuh.

Tingkatkan Nafsu Makan
Bagi anda yang sedang mengalami masalah pada daerah sistem pencernaan seperti mual, sakit perut dan nafsu makan yang menurun mungkin anda bisa memanfaatkan buah jamblang ini sebagai cuci mulut, kandungan pada buah jamblang di yakini dalam meningkatkan fungsi pencernaan dan menigkatkan nafsu makan yang menurun.

Menangani Sakit Lambung
Penyakit lambung atau biasa di sebut penyakit mag memang sangat tidak enak sekali, rasa nyeri pada bagian uluh hati sering kali menerpa bagi penderitanya. Namun studi penelitian menyatakan bahwa masyarakat India telah mencoba jus jamblang yang telah di pregmentasikan selama 5 hari dalam mengobati mag, dan ada hasil hal tersebut memang sangat terbukti sembuh.

Menyembuhkan Sakit Batuk
Menurut warga pedalaman Madagaskar mengalami batu menahun yang tak kunjung sembuh dan bingung untuk mengatasinya berbagai jenis obat-obatan telah di coba, setelah di berikan beberapa dari seseorang untuk mengkonsumsi buah jamblang ternyata batuk mulai membaik, hal tersebut mungkin di karenakan senyawa antioksidan dan kandungan vitamin c pada buah jamblang dapat melawan bakteri dan virus yang membandel pada tubuh .

Menangani Sakit Perut
Seperti yang sudah saya jelaskan pada tahapan di atas bahwa buah jamblang memang sangat bermanfaat dalam pencernaan seperti mengobati beberapa keluhan sakit perut hal tersebut di karenakan dalam kandungan buah jamblang terdapat senyawa antosianin, sejumlah kaemferol dan asam elagik. Hal tersebut tentu saja sangat baik bagi kesehatan salah satunya pada usus, pencernaan dan yang tak kalah penting kandungan tersebut sangat baik untuk mengontrol tekanan darah.

Mengatasi Masalah Kesehatan Mata
dalam 100 gram buah jamblang terdapat sekitar 81 IU vitamin A, hal tersebut tentu saja adalah kabar baik kandungan tersebut telah di percaya dalam meningkatkan fungsi penglihatan yang rabun, jadi bagi anda yang memiliki gangguan mata tersebut mungkin anda bisa mengkonsumsi buah ini, selain itu buah jamblang juga dapat mencegah penyakit mata seperti katarak dan inveksi jamur.

Melindungi Kesehatan Tulang serta Gigi
Dalam 100 gram buah jamblang terdapat kalsium 16 mg,  magnesium 36 mg, pospor 16,7 mg, dan zat besi 1,7 mg, taukah anda manfaat kandungan tersebut ? manfaat dari beberapa senyawa tersebut terbukti dalam meningkatkan fungsi kepadatan tulang dan gigi sehingga dapat mencegah erosi gigi dan osteoporosit pada tulang atau penyakit pengeroposan pada tulang.

Sumber Tenaga Badan
Dalam 100 gram buah jamblang terdapat 0,5 lemak dan 0,133 g protein serta karbohidarat sebanyak 14 g. Kandungan lemak, karbohidrat dan protein telah terbukti dalam meningkatkan masa otot dan meningkatkan tenaga, sehingga tubuh tidak mudah lemah atau lesu untuk beraktifitas sehari-hari.

Menghindar Cholesterol Jahat Didalam Badan
dalam kandungan buah jamblang atau duwet telah di temukan senyawa yang berupa alfa phytosterol yang berupa sterol  yang dapat mencegah anticholesteremik atau penyakit kolestrol. Penyakit kolestrol jika di abaikan dapat memicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung koroner dan penyempitan pembuluh darah.

Demikian ulasan tentang manfaat buah jamblang atau duwet bagi kesehatan tubuh kita, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.




download[4]

0 komentar: